0821 6644 8555
Yuk.. Bagikan Artikelnya 🙂

Pendahuluan

Hi Calon Manajer dan Profesional Muda, untuk kamu yang saat ini sudah memutuskan memilih STIM SUKMA Medan sebagai kampus pilihan tempatmu menimba ilmu, maka mimin pastikan kalau keputusan tersebut, adalah keputusan yang sangat tepat sekali. Disini Kamu akan mendapatkan pembelajaran teori dan juga praktik yang tepat dan sesuai dengan minat bakat yang kamu miliki

Selain dapat datang langsung untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa/ i baru ke Kampus STIM SUKMA Medan di Jl. Sakti Lubis No.80 Medan, adik-adik kini juga telah dapat melakukan pendaftaran mahasiswa/i baru secara online lho. Semua proses nya dapat dilakukan darimana saja, dengan bermodalkan gadget maupun laptop dan komputer yang memilki koneksi internet. Sehingga kamu tidak perlu harus pergi keluar dari rumah, mengingat saat ini kita tengah menghadapi kondisi wabah pandemik covid19, sehingga penting kamu tetap berada di dalam rumah guna upaya memutus penyebaran virus ini.

 

Sistem Penerimaan Mahassiswa Baru STIM SUKMA Medan

 

Pada tulisan ini, mimin akan memberikan informasi dan langkah-langkah bagaimana  melakukan pendaftaran online mahasiswa baru di STIM SUKMA Medan.

 

Langkah-langkah Daftar Online Mahasiswa Baru STIM SUKMA Medan

PMB Online STIM SUKMA Medan

 

Pertama sekali, mimin menganjuran kamu untuk terlebih dahulu mengakses halaman utama PMB STIM SUKMA Medan di tautan www.pmb.stimsukmamedan.ac.id . Halaman itu dinamakan sebagai Landing Page, dimana pada laman tersebut terdapat semua informasi terbaru yang kamu butuhkan seputar Penerimaan Mahasiswa Baru STIM SUKMA Medan. Tak hanya itu, kamu juga akan tahu semua hal tentang STIM SUKMA Medan seperti Akreditasi, Visi, hingga penghargaan yang penah diraih oleh STIM SUKMA Medan sebagai lembaga pendidikan tinggi manajemen di Kota Medan.

Setelah merasa cukup mendapatkan informasi, selanjutnya kamu bisa mulai melakukan daftar secara online dengan langkah-langkah sebagai berikut

Alur PMB Online Reguler STIM SUKMA Medan

 

1. Melakukan Registrasi Awal

PMB Online STIM SUKMA Medan

Tampilan laman PMB dan tombol Daftar

Pertama sekali, kamu harus melakukan pendaftaran dengan melakukan pengisian data diri awal. Caranya adalah kamu dapat secara langsung melakukan klik pada semua tombol yang bertuliskan Daftar Sekarang pada laman pmb.stimsukmamedan.ac.id , dan atau kamu juga dapat mengakses form isian data diri awal tersebut dengan mengetikkan tautan https://pmb.stimsukmamedan.ac.id/pmb-online/daftar .

Setelah nya, kamu akan melihat tampilan Form Pendaftaran , seperti gambar dibawah ini :

PMB Online STIM SUKMA Medan

Tampilan laman formulir pendaftaran awal

 

Silahkan mengisi seluruh formulir tersebut sesuai dengan isian form yang diminta secara berurutan seperti yang sudah kami berikan no urutannya, seperti :

  • Nama Lengkap
    isikan dengan Nama lengkap Kamu sesuai dengan ijasah terakhir ya.
  • Program
    isikan dengan pilihan program kuliah yang ingin kamu pilih, seperti EKSEKUTIF, REGULER & STUDI LANJUT
  • Program Studi
    isikan dengan pilihan tingkatan pendidikan yang kamu inginkan, seperti S1 Manajemen & D3 Manajemen Perkantoran
  • Konsentrasi
    isikan dengan pilihan konsentrasi jurusan yang akan kamu pilih, seperti  Manajemen Pariwisata, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Informatika ataupun Manajemen Perkantoran
  • Alamat Email
    isikan dengan alamat email kamu. Pastikan kamu mengisi kolom email dengan alamat email yang aktif , karena tahapan lanjutan PMB akan disampaikan melalui pesan email, email yang aktif akan mempermudah proses pendaftaran mu.
  • No. Handphone / Whatsapp
    harap diisi dengan nomor kontak seluler maupun whatsapp kamu yang aktif. Segala bentuk perkembangan dan update poses pendaftaran kamu nantinya juga akan di informasikan melalui nomor yang kamu daftarkan tersebut.
  • Recaptcha
    Ini merupakan metode verifivikasi keamanan, kamu hanya perlu klik pada kotak putih kosong berwarna putih disamping tulisan I’m not a robot atau menjawab pertanyaan yang muncul secara otomatis.

 

PMB Online STIM SUKMA Medan

 

Setelahnya periksa kembali formulir yang sudah kamu isi, jika sudah merasa semuanya benar, klik pada tombol yang bertuliskan Daftar yang ada di bagian pojok kanan bawah formulir, lalu klik pada tulisan Ya untuk melakukan konfirmasi.

 

2. Melakukan Pembayaran Biaya Pendaftaran

Setelah mengirimkan formulir data registrasi awal, Kamu akan mendapatkan notifikasi seperti dibawah ini.

 

PMB Online STIM SUKMA Medan

 

Setelahnya, silahkan periksa kotak masuk / inbox email yang telah kamu daftarkan di registrasi awal. Kamu akan menerima email berupa petunjuk untuk melakukan Pembayaran Biaya Pendaftaran secara detail dan lengkap dengan Nama Bank tujuan, Nomor Rekening Tujuan atas nama STIM SUKMA dan juga Jumlah nominal pembayaran biaya pendaftarannya yakni sebesar Rp. 300.000 , ikuti petunjuk yang ada di email tersebut, dan lakukan pembayaran sesegera mungkin.

Kira-kira seperti ini lah email petunjuk pembayaran biaya pendaftaran yang akan kamu terima nantinya ;

Email petunjuk pembayaran biaya pendaftaran

Perlu untuk kamu ketahui, lakukan pembayaran dengan teliti sesuai dengan jumlah nominal yang seharusnya yakni Rp. 300.000 dan pastikan kamu sudah : Memeriksa kembali Bank, Nomor Rekening, Jumlah Nominal hingga nama Pemilik Rekening harus bernama STIM SUKMA Medan dan simpan bukti pembayaran yang baru saja kamu lakukan (struk / capture jika menggunakan mobile banking)

 

3. Lakukan Konfirmasi Pembayaran Biaya Registrasi

Jika kamu sudah melakukan pembayaran, foto struk atau bukti pembayaran yang sudah kamu lakukan sebelumnya, lalu lakukan Konfirmasi Pembayaran melalui alamat https://pmb.stimsukmamedan.ac.id/pmb-online/pembayaran atau bisa juga secara langsung dengan klik pada tombol Konfirmasi Pembayaran yang terdapat di bagian paling bawah pada email petunjuk pembayaran yang kamu terima sebelumnya.

Selanjutnya, Kamu akan melihat tampilan seperti ini

Isi semua formulir isian sesuai dengan yang tertulis, seperti :

  1. Memasukkan Nomor Pendaftaran kamu (lihat pada email yang kamu terima sebelumnya)
  2. Alamat email pendaftaran kamu (harus sama dengan email yang kamu gunakan untuk mendaftar)
  3. Nama Bank pengirim (sesuai dengan Bank yang kamu gunakan untuk mengirim biaya pendaftaran)
  4. Nama pemilik rekening (sesuai dengan nama pemilik rekening pada Bank yang kamu gunakan untuk mengirim biaya pendaftaran, ini difungsikan sebagai konfirmasi dan kesamaan data)
  5. Jumlah / nominal uang yang kamu transfer (kamu dapat mengetikkan nya secara manual dan sudah diwajibkan sbesar Rp. 300.000)
  6. Bukti transfer (Unggah bukti transfer pembayaran yang sudah kamu lakukan dan simpan struk nya, ketika melakukan transfer)

Selanjutnya, Tim Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru akan melakukan Validasi atau pemeriksaan kebenaran konfirmasi yang sudah kamu lakukan, ketika kamu telah memvalidasi pembayaran mu, maka kamu akan kembali menerima email yang berisi akses masuk ke dalam sistem berupa user id pendaftaran & kata sandi akun yang akan kamu gunakan untuk melanjutkan proses penerimaan Mahasiswa Baru di STIM SUKMA Medan.

 

4. Login dan Lakukan Pengisian Formulir Kelengkapan Data

Selanjutnya, Kamu dapat masuk ke dalam sistem PMB Online STIM SUKMA Medan dengan menggunakan akses tersebut melalui laman https://pmb.stimsukmamedan.ac.id/pmb-online/auth atau dengan menekan tombol yang bertuliskan Login Disini pada bagian bawah email Pembayaran Terkonfirmasi yang sudah kamu terima. 

Kamu akan melihat tampilan login seperti ini :

Tampilan laman login sistem PMB Online

Masukkan No  Pendaftaran dan Kata Sandi akun yang kamu berdasarkan data akun yang kamu dapatkan melalui email yang kamu terima sebelumnya. Setelahnya klik pada kotak yang bertuliskan I’m not a robot sampai muncul tanda checklist. Fitur tersebut dimaksudkan sebagai langkah keamanan agar sistem senantiasa terjaga dari gangguan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, dan terakhir klik pada tombol Masuk untuk masuk ke dalam sistem.

Kira-kira beginilah tampilan ketika kamu sudah masuk ke dalam sistem :

Tampilan dasbor akun member

 

Demi keamanan akun mu, Kami sangat menganjurkan kamu untuk mengganti kata sandi akun pendaftaran kamu melalui menu User –> Ganti Kata Sandi , karena setiap akun yang terkirim bersifat otomatis oleh sistem.Kamu juga dapat mengganti foto profil akun mu.

5. Lakukan Pengisian Formulir Data Diri

Seperti petunjuk yang terdapat pada email yang kamu terima, kamu diharuskan untuk melakukan Pengisian Formulir Data Pribadi, Orang Tua & Unggahan Berkas. Isi semua formulir dengan benar, teliti dan sesuai dengan data diri kamu yang sebenarnya.

Kamu akan melihat tampilan formulir seperti berikut :

Tampilan formulir isian

 

Dibagian paling atas, pastikan kamu telah membaca seluruh ketentuan yang tertulis, dan klik mencentang pada kolom setuju , menyatakan bahwa seluruh data yang kamu kirimkan adalah benar adanya data diri yang kamu miliki. Dan terakhir periksa dan pastika kembali seluruh data isian sudah kamu isi dengan baik dan benar.

INGAT !! Pengisian Formulir hanya dapat dilakukan dan dikirim 1 kali saja.

Pastikan bahwa kamu telah mengisi formulir isian dengan benar. Karena jika terdapat berkas atau formulir kosong dan tidak valid, maka proses penyimpanan data akan gagal, sampai kamu melakukan perbaikan dan mengisi formulir yang masih kosong. Pastikan semua telah benar dan terisi sesuai dengan yang diminta.

Kamu akan melihat tampilan pop up petunjuk ketika formulir berhasil terkirim. Kira-kira begini penampilannya :

pmb stim sukma

Tampilan notifikasi pop up Berhasil melakukan pengisian formulir

 

6. Mengikuti Ujian Online

Setelah berhasil mengisi formulir data diri. Selanjutnya kamu di haruskan untuk mengikuti Ujian Online. Perlu diketahui Ujian Online dapat kamu akses melalui dasbor member akun PMB kamu ya. Dan dapat di buka melalui menu Ujian –> Ujian Online.

Baca petunjuk yang ada pada pop up tersebut, dimana pada tahap ini :

  1. Program Reguler & Eksekutif : akan di anjurkan untuk mengikuti ujian online (baca petunjuk selanjutnya pada notifikasi pop up yang muncul)
  2. Program Studi Lanjut : akan langsung dianjurkan untuk secara langsung melakukan pembayaran biaya DP Uang Kuliah 1 tanpa harus mengikuti tahap ujian online.

Untuk mulai mengikuti ujian online, kamu cukup klik tombol Mulai Ujian pada bagian paling bawah. Lalu selanjutnya Kamu akan di arahkan ke Google Form yang berisi soal pilihan berganda yang harus segera kamu jawab. Harap segera melakukan pengisian ujian online, untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya, yakni Pembayaran DP 1 Uang Kuliah.

Kira-kira begini tampilan menu Ujian Online yang dimaksud disini ;

pmb stim sukma

Tampilan dasbor Ujian Online

 

Dan kira-kira  kamu akan melihat tampilan Google Form yang berisi soal ujian yang wajib untuk kamu isi, agar dapat melanjutkan Proses Pendaftaran Mahasiswa Baru yang sedang kamu ikuti.

PMB STIM SUKMA Medan

Tampilan Soal Ujian

 

7. Melakukan Pembayaran DP 1 Uang Kuliah

Setelah dinyatakan lulus oleh tim Panitia PMB STIM SUKMA pada sesi ujian online sebelumnya, maka kamu akan menerima sebuah Email Notifikasi untuk Anjuran Pembayaran DP 1 Uang Kuliah. Ikuti petunjuk yang ada pada email yang kamu terima, dan jangan lupa untuk membayarkan biaya DP Uang Kuliah, baru kemudian melakukan konfirmasi, untuk membuktikan kamu telah melakukan pembayaran DP 1 Uang Kuliah.

Catatan :
– 
Nominal jumlah pembayaran DP 1 Uang Kuliah yang kamu terima, bersifat otomatis sesuai dengan Program/Kelas yang kamu telah pilih sebelumnya. Lakukan pembayaran dengan jumlah nominal yang tepat dan pas. Jangan kurang maupun berlebih.

Kira-kira, begini tampilan Email Pembayaran DP 1 Uang Kuliah yang akan kamu terima nantinya ;

pmb stim sukma medan

Email Anjuran Pembayaran DP 1 Uang Kuliah

 

8. Konfirmasi Pembayaran DP 1 Uang Kuliah

Apakah kamu sudah melakukan pembayaran DP 1 Uang Kuliah ? Jika sudah, maka selanjutnya kamu harus mengkonfirmasikan pembayaran yang telah kamu lakukan, dengan cara :

Login ke dalam sistem -> Klik Menu DP -> Klik Menu Konfirmasi Pembayaran DP

Kamu akan melihat tampilan seperti ini ;

PMB STIM SUKMA Medan

Menu Konfirmasi Pembayaran DP

 

Kamu diharuskan untuk melakukan konfirmasi, untuk membuktikan kamu telah membayarkan DP 1 Uang Kuliah atas nama Kamu. Untuk itu, harap untuk mengisi seluruh formulir isian dengan lengkap dan benar, termasuk ketika ingin mengunggah bukti pembayaran, pastikan kamu menunggah foto bukti pembayaran yang jelas dan terang, untuk mempermudah panitia dalam memvalidasi pembayaran yang telah kamu lakukan ya.

8. Selamat! Kamu telah menjadi bagian dari STIM SUKMA

Di tahap terakhir kami akan memvalidasi seluruh data regitrasi Kamu, setelah semua dinyatakan SAH, maka kamu akan mendapatkan Email Pemberitahuan yang berisi informasi kalau kamu telah SAH menjadi Mahasiswa/i di Sekolah  Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) SUKMA Medan.

Jadi pastikan untuk selalu memantau email yang kamu gunakan untuk mendaftar ya. Terakhir pastikan kontak yang kamu miliki seperti Whatsapp maupun telepon seluler mu selalu aktif, agar dapat dihubungi oleh tim panitia PMB STIM SUKMA, untuk petunjuk dan arahan selanjutnya ya.

Penutup

Cukup mudah kan? Kamu bahkan tidak perlu beranjak dari rumah untuk bisa mendaftarkan dirimu sebagai Calon Manager dan Profesional Muda di Kampus STIM SUKMA Medan. So.. tunggu apalagi, segera daftarkan dirimu sekarang juga, dan jadilah bagian dari Profesional muda selanjutnya.

Sampai ketemu di kampus ya. Sukses selalu.

Yuk.. Bagikan Artikelnya 🙂
×

Hi Calon Profesional Muda!

Selamat datang di Situs PMB STIM SUKMA MEDAN, Kalau kamu ada pertanyaan tentang proses Pendaftaran Mahasiswa Baru,  silahkan klik pada salah satu Tim Support kami dibawah ini untuk berkomunikasi dengan kami via WhatsApp atau via email di stims@stimsukmamedan.ac.id dan telepon langsung di  0821 6644 8555

× Ada Pertanyaan ?